Asteroid 2023 XS, bergerak dengan kecepatan 32653 km/jam, akan melewati Bumi; NASA mengungkap detailnya

Asteroid 2023 XS, bergerak dengan kecepatan 32653 km/jam, akan melewati Bumi;  NASA mengungkap detailnya

Road.co.id

NASA mengatakan bahwa orbit asteroid dapat diubah oleh gravitasi Jupiter yang sangat besar dan pertemuan jarak dekat yang sesekali terjadi dengan planet seperti Mars atau objek lainnya. Pertemuan yang tidak disengaja ini dapat menjatuhkan asteroid dari sabuk utama dan melemparkannya ke luar angkasa ke segala arah melintasi orbit planet lain. Dengan bantuan teleskop luar angkasa dan berbasis darat yang canggih, NASA kini mengungkapkan bahwa sebuah asteroid diperkirakan akan melewati Bumi dengan jarak yang dekat pada hari ini, 19 Desember. Ketahui detail pertemuan jarak dekat ini.

Asteroid 2023 XS: Detail pendekatan jarak dekat

Sebagian besar asteroid terutama ditemukan di sabuk asteroid utama yang terletak di antara Mars dan Jupiter. Namun, dalam beberapa kesempatan, orbit asteroid tersebut mendekatkan mereka ke Bumi, sebuah fenomena yang dikenal sebagai 'Pendekatan jarak dekat'. Menurut Pusat Studi Objek Dekat Bumi NASA, sebuah asteroid yang diberi sebutan Asteroid 2023 XS sedang menuju Bumi dan mungkin melewati Bumi pada jarak yang sangat dekat pada hari ini, 19 Desember.

NASA mengungkapkan rincian ini setelah melacak orbit asteroid menggunakan berbagai satelit dan teleskop luar angkasa dan darat seperti NEOWISE, Catalina Sky Survey, Atacama Large Millimeter/submillimeter Array (ALMA), Pans-STARRS1, dan banyak lagi. Rinciannya, Asteroid 2023 XS diperkirakan akan melewati Bumi dengan jarak 4,3 juta kilometer.

Menurut NASA, Ia termasuk dalam kelompok Asteroid Dekat Bumi Apollo, yang merupakan batuan luar angkasa yang melintasi Bumi dengan sumbu semi-mayor lebih besar dari sumbu Bumi. Nama asteroid ini diambil dari nama asteroid Apollo tahun 1862 yang sangat besar, yang ditemukan oleh astronom Jerman Karl Reinmuth pada tahun 1930-an. Ia sudah meluncur di orbitnya dengan kecepatan sekitar 32.653 kilometer per jam, jauh lebih cepat daripada Rudal Balistik Antarbenua (ICBM)!

NASA juga mengungkapkan bahwa Asteroid 2023 XS belum pernah melewati Bumi sebelumnya dan ini akan menjadi pendekatan jarak dekatnya yang pertama. Setelah hari ini, asteroid kelompok Apollo ini diperkirakan tidak akan melewati planet ini dalam waktu dekat.

You might also like